Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kandang Kelinci Dari Kayu Murah Dan Sederhana

Purwomp - Kandang merupakan hal yang penting dalam beternak kelinci. Pembuatan kandang harus disesuaikan dengan tempat dan kapasitas yang kita inginkan. Sehingga akan membuat kelinci yang kita pelihara nyaman ketika berada dalam kandang. Untuk itu saya akan membahas tentang Cara Membuat Kandang Kelinci Dari Kayu Murah Dan Sederhana.

Kandang yang akan kita buat tidak perlu dengan biaya yang mahal, kita cukup gunakan bahan-bahan yang ada atau yang murah harganya. Yang terpenting kita tahu cara membuat kandang kelinci sederhana atau cara membuat kandang kelinci murah.

Macam-macam kandang kelinci yang akan kita buat dan cara membuat kandang kelinci murah untuk pelihara kelinci adalah sebagai berikut :

1. Kandang kelinci bertingkat


Cara membuat kandang kelinci bertingkat dari bambu adalah kita buat bersekat antara atas dan bawah beri jarak dan disesuaikan dengan situasi tempatnya. Ukuran kandang betingkat dengan panjang 80 cm lebar 60 cm dan tinggi 50 cm atau anda dapat membuat ukuran sendiri.

2. Kandang kelinci dari bambu dan kawat


Cara membuat kandang kelinci dari bambu dan kawat adalah sama hal seperti nomor 1 akan tetapi kalau diatas dindingnya pakai bambu semua yang ini dindingnya pakai kawat strip. Penggunaan kawat strip difungsikan agar kita mudah dalam pengawasan dan juga aman dari predator seperti tikus, kucing dan lainnya.

3. Kandang kelinci sederhana


Cara membuat kandang kelinci sederhana adalah kita tidak perlu membuat seperti nomor 1 dan 2 akan tetapi kita dapat memanfaatkan tanah sebagai alasnya. Akan tetapi untuk dinding kita dapat menggunakan bambu atau kawat agar kelinci tidak kabur keman-mana. Kandang yang beralaskan tanah sangat disukai oleh kelinci, sebab kelinci bisa bebas dalam bergerak kesana-kemari.

Kandang yang beralaskan tanah harus dijaga kebersihannya agar kelinci terhindar dari penyakit. Agar alas tetap kering kita dapat memberikan pasir atau kapur hal ini untuk menghindari penyakit berkembang.

4. Kandang kelinci outdoor


Cara membuat kandang kelinci outdoor adalah ini cuma dalam penempatannya saja di luar rumah. Dalam pembuatannya seperti nomor 1 dan 2 akan tetapi untuk atapnya kita beri seng atau asbes atau genting agar terhindar dari air hujan ketika hujan tiba.

5. Kandang kelinci dari kawat


Cara membuat kandang dari kawat adalah kandang yang terbuat dari kawat semua atau rangkanya dari kayu untuk dindingnya memakai kawat. Namun untuk pembuatan kandang seperti ini akan memakan banyak biaya sebab harga kawatnya saja sudah mahal.

Dalam pembuatan kandang kelinci sebaiknya dalam penempatan antara kelinci jantan dan kelinci betina dipisah. Pemisahan ini dimaksudkan agar kelinci-kelinci yang kita pelihara dalam keadaan tenang.

Kelinci indukan betina jika sudah hamil maka kita perlu siapkan kotak didalam kandang dan diberi makan secukupnya. Kotak tersebut diberi rumput-rumput yang sudah kering sebagai sarang disaat nanti kelinci melahirkan. Tujuan diberikan sarang dari rerumputan kering agar anaknya nanti merasa nyaman dan hangat.

Dalam penempatan kandang harus terkena sinar matahari yang cukup dan sirkulasi udara yang baik. Tujuannya agar kelinci-kelinci yang kita pelihara tidak sering sakit-sakitan dan juga sinar matahari digunakan untuk pertumbuhan tulang atau menghangatkan tubuh kelinci.

Demikian yang bisa saya sampaikan tentang Cara Membuat Kandang Kelinci Dari Kayu Murah Dan Sederhana. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para peternak kelinci di tanah air.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Kandang Kelinci Dari Kayu Murah Dan Sederhana"