Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memberi Makan Kelinci Yang Benar Agar Sehat Dan Gemuk

Purwomp - Makanan kelinci adalah bahan kebutuhan yang menghasilkan kalori yang diperlukan tubuh kelinci agar tumbuh dengan sehat dan gemuk. Untuk itu berikan makanan yang disukai oleh kelinci dan jangan berikan makanan yang tidak sesuai sebab jika kita salah dalam memberikan makanan akan membuat kelinci peliharaan kita kurus, sulit berkembang biak dan dapat menimbulkan kematian.


Makanan kelinci yang baik merupakan pakan alami seperti rumput atau daun-daunan. Akan tetapi dalam pemberiannya dianjurkan jangan yang masih segar tetapi dilayukan dahulu baru diberikan ke kelinci peliharaan kita. Jika rumput atau dedaunan yang masih segar dapat mengakibatkan perut kelinci kembung dan akhirnya mati.

Anda juga dapat memberikan makanan kelinci yang sehat selain rumput atau dedaunan yakni voer khusus pakan kelinci. Voer kelinci sudah dirancang dan disesuaikan dengan kebutuhan yang sangat diperlukan oleh tubuh kelinci itu sendiri. Selain itu voer kelinci juga mengandung berbagai vitamin, mineral, hingga karbohidrat yang dapat membuat kelinci sehat dan gemuk.

Untuk makanan kesukaan kelinci sudah dijelaskan di atas yakni rumput dan dedaunan. Namun anda juga dapat memberikan makanan kelinci berupa sayuran dan juga buah-buahan, bahan ini juga sangat disukai oleh kelinci. Dalam pemberian sayuran dan juga buah-buahan sama halnya dengan rumput dan juga dedaunan yakni dilayukan terlebih dahulu.

Cara memberi makan kelinci yang masih kecil dengan yang sudah dewasa tentunya sangat berbeda jika dilihat dari porsi dan juga bahan makanannya. Berikut kita bahas satu per satu makanan masing-masing kelinci.

A. Makanan pada induk kelinci

Makanan induk kelinci harus kita perhatikan, sebab kelinci induk merupakan kelinci yang akan dikembang biakkan dan memproduksi susu untuk anak-anaknya. Makanan induk itu berupa makanan pokok dan juga makanan tambahan.

Untuk makanan induk kelinci yang pokok berupa rerumputan, dedaunan, buah-buahan, dan juga sayur. Sedangan makanan tambahan dapat berupa bekatul / dedak, ampas tahu, ampas ketela pohon, dan lain sebagainya.

Cara memberi makan kelinci dengan dedak itu adalah dedak di beri air sedikit saja yang penting basah dan dapat pula dicampur lagi dengan ampas tahu atau juga ampas ketela. Untuk pemberiannya disesuaikan dengan kebutuhan kelinci saja sehingga makanan itu habis dan tidak ada sisa.

Dalam pemberian makanan induk kelinci harus sesuai dengan takaran sama halnya dengan kelinci yang masih kecil jangan memberikan makanan sama saja porsinya induk dengan anakanan kelinci. Untuk kelinci dewasa atau induk takaran makanan tambahan yang berupa dedak adalah 1/2 ons sampai dengan 1 ons dalam sehari. Contohnya dipagi hari cuma diberikan 1/3 ons dan malam hari sisanya sebab kelinci bila malam hari makannya banyak, sehingga berikan makanan lebih banyak pada malam hari.

Jangan memberi makan kelinci yang asal-asalan hal itu akan mempengaruhi perkembangan dari kelinci itu sendiri. Disaat induk kelinci sedang hamil pemberian pakan yang pokok harus cukup tidak boleh kurang. Jika cukup dalam pemberian pakan pokok dapat mempercepat pertumbuhan anak-anaknya nanti. Berikan makanan sehari dua kali saja yakni di pagi hari dan sore hari, pagi hari sekitar pukul 06.00 - 07.00 pagi dan sore hari sekitar pukul 17.00 - 18.00 sore atau anda dapat sesuaikan dengan waktu yang pas.

Sedangkan pemberian makanan tambahan yang berupa dedak dapat anda berikan pada jam setelah pemberian pakan pokok tadi. Dalam pemberian pakan tambahan itu tergantung dari umur kelinci jika sudah dewasa maka berikan 100 gram dalam sehari. 100 gram itu berikan 2 kali dalam sehari yakni pagi dan sore hari.

Cara Memberi Makan Kelinci Yang Benar Agar Sehat Dan Gemuk


B. Makanan Anak Kelinci

Anak kelinci yang baru dilahirkan tidak memerlukan makanan hal ini karena anak kelinci masih bergantung kepada susu induknya. Maka dari itu berikan makanan yang cukup kepada induknya agar masa pertumbuhan kelinci kecil itu cepat besar.

Setelah anak kelinci berumur 20 hari sudah dapat diberikan makanan berupa rumput, sayur, dedaunan. Setelah umur 35-40 hari anak kelinci sudah dapat diberikan makanan pokok yang berupa rumput, sayur, dedaunan dan juga buah. Dan artinya anak kelinci sudah tidak tergantung lagi dengan air susu induknya maka sudah dapat dipisahkan dari induknya.

Makanan kelinci kecil dibagi menjadi dua yakni makanan pokok yang berupa rerumputan, sayur-sayuran, dedaunan dan juga buah-buahan anak kelinci juga dapat diberikan makanan tambahan yang terbuat dari dedak yang dicampur dengan air dan bahan lainnya. Atau anda dapat memberikan racikan pakan seperti berikut agar anak kelinci cepat besar dan sehat :

1. Tepung jagung : 2 bagian
2. tepung kdelai   : 1 1/2 bagian
3. Bungkil kelapa : 2 bagian
4. Bekatul             : 4 1/2 bagian

Bahan diatas dicapur dengan air secukupnya dan diaduk hingga merata, jika sudah siap dapat diberikan ke kelinci anakan. Untuk takarannya berikan 50 gram dalam sehari dan berikan dua kali yakni pagi dan sore hari dengan porsi sore hari lebih banyak dibanding dengan pagi hari.

Makanan kelinci umur 2 bulan tidak ada bedanya dengan yang di ulas diatas namun jika dalam sehari 50 gram cepat habis boleh anda tambah porsinya. Sebab pakan tambahan tersebut dapat menambah kalori atau nilai gizi bagi kelinci anakan. Dengan tujuan agar kelinci kecil yang kita pelihara akan memiliki pertumbuhan yang cepat.

Dalam pemberian pakan tambahan untuk anakan kelinci harus secara teratur agar anakan kelinci tidak kekurangan pakan. Akibat dari kekurangan pakan, anakan kelinci akan mengalami lambat dalam pertumbuhannya.

Demikian informasi tentang Cara Memberi Makan Kelinci Yang Benar Agar Sehat Dan Gemuk yang dapat saya sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang sudah beternak kelinci maupun yang baru akan memulai bisnis ternak kelinci.



Artikel Terkait :

cara memberi makan kelinci
cara memberi makan kelinci dengan dedak
cara memberi makan kelinci yang benar
makanan kelinci australia
pakan kelinci lokal
pakan kelinci rex
makanan kelinci sehat
makanan kelinci hay
makanan kelinci anggora
makanan favorit kelinci
makanan kelinci yg sehat
makanan kelinci selain wortel
makanan kelinci fuzzy lop
makanan kelinci lokal
makanan kelinci menyusui
makanan kelinci pedaging
makanan kelinci cepat gemuk
makanan untuk ibu kelinci menyusui

1 komentar untuk "Cara Memberi Makan Kelinci Yang Benar Agar Sehat Dan Gemuk"