Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ternak Burung Emprit Kaji Lengkap Untuk Pemula

Cara Ternak Burung Emprit Kaji -- Burung emprit kaji yang sering disebut juga bondol haji ini untuk saat ini banyak dicari oleh penggemar burung. Sebab banyak yang mencari karena burung ini ternayata memiliki kemapuan menirukan suara burung kicauan lainnya. SIlahkan cari di media sosial Youtube untuk mendengarkan suara isian dari burung emprit yang satu ini.


Dan untuk kali ini saya akan membahas tentang Cara Ternak Burung Emprit Kaji Untuk Pemula. Mengapa kok burung emprit saja diternak? Sebab banyaknya permintaan pasar yang semakin hari semakin meningkat dan habitat aslinya sudah mulai langka karena perburuan yang besar-besaran kepada burung emprit yang satu ini.

Agar burung ini tidak terjadi kelangkaan maka tugas kita adalah menernaknya. Dalam beternak burung emprit dari tangkapan alam memang akan membutuhkan waktu yang lama untuk adaptasi kepada manusia. Tak jarang banyak yang gagal dalam beternak burung emprit kaji ini.

Dalam beternak burung bondol haji ini yang perlu dipersiapkan adalah mulai dari kandang, lokasi, pakan dan calon indukan yang bagus. Untuk itu kita perlu kecermatan dalam memilih dan memilah kandang sampai indukan burung emprit.

Cara Ternak Burung Emprit Kaji Lengkap Untuk Pemula

Yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan dalam beternak burung emprit adalah sebagai berikut :

1. Indukan

Dalam memilih indukan burung emprit itu harus jeli dalam memilih. Pilihlah yang sudah jinak atau tidak takut dengan manusia. Dan pilihlah burung emprit satu pasang yakni burung emprit jantan dan betina.

Memang sulit dalam membedakan brung emprit jantan maupun betina. Sebab burung ini memiliki kesamaan warna maupun bentuk tubuh sehingga kita sulit dalam membedakannya. Untuk indukan burung emprit untuk diternak usahakan yang sudah berumur lebih dari 6 bulan. Sebab burung yang sudah berumur segitu sudah matang reproduksinya.

Baca selengkapnya dalam membedakan burung emprit jantan dan betina DISINI.

2. Kandang

Kandang juga perlu diperhatikan untuk penangkaran burung emprit. Kita dapat memakai kandang kecil yang berukuran 40x40 atau 30x30 atau kandang yang dipakai sehari-hari. Dapat juga kita beternak burung emprit memakai kandang koloni. Namun, memakai kandang koloni itu ada kelemahannya terkadang indukan burung emprit itu dalam satu sarang ditempati oleh beberapa indukan. Saya sarankan memakai kandang kecil saja yang dapat dipakai oleh sepasang burung emprit.

3. Sarang

Sebenarnya burung emprit kaji ini jika sudah masa reproduksi mereka membuat sarang sendiri dari berbagai daun maupun rumput. Berbeda halnya jika didalam kandang ternak kita sebagai peternak harus menyiapkan segalanya. Sarang yang dipakai kita dapat menempatkan sarang yang bisa dipakai dalam beternak burung finch atau dapat juga kita membuat sendiri dari kayu. Dalam kandang juga dipersiapkan rumput kering atau serat nanas agar dibuat sarang oleh indukan burung emprit.

4. Pakan 

Dalam hal pakan kita dapat memberikan pakan berupa biji-bijian seperti milet merah maupun putih, canary seed, gabah dan lain sebagainya. Kita juga dapat memberinya berupa sayur-sayuran untuk extra foodingnya. Berikan juga tulang sotong agar burung tidak kekurangan kalsium dan juga sebagai pembetukan telur.

5. Pengeraman

Burung emprit setelah proses perkawinan kemudian bertelur lalu mengerami telurnya. Burung emprit itu dapat mengahsilkan telur sekitar 4 sampai 6 butir telur. Untuk masa pengeramannya pun relatif singkat yakni 14 hari sampai 16 hari. Setelah masa pengeramannya selesai telur burung emprit akan menetas dan menghasilkan burung emprit baru.

Demikianlah informasi tentang Cara Ternak Burung Emprit Kaji Lengkap Untuk Pemula. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam mengenal burung emprit.

Sekian dan terimakasih salam sukses selalu.

3 komentar untuk "Cara Ternak Burung Emprit Kaji Lengkap Untuk Pemula"

  1. Foto tersebut bukanlah Pipit Kaji Om, melainkan Emprit Zebra..... Ini jg dokumentasi farm Saya yg di ambil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya saya minta maaf om kalau itu foto si om karena saya tidak tahu, dulu saya mendapatkan nya dari group WhatsApp saya
      Saya ingin tahu nama si om agar nanti saya cantumkan nama si om dibawah gambar
      Terima kasih

      Hapus