Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Lovebird Nyilet 2 Hari Sembuh

Cara Mengatasi Lovebird Nyilet -- Lovebird yang nyilet disebut juga burung yang sedang sakit karena cacingan. Burung yang mengalami nyilet bukan burung yang kekurangan pakan akan tetapi dalam tubuh burung terdapat parasit yang menyerang. Makanya walau burung makan banyak setiap hari tetap saja badannya kurus kering. Untuk itu akan memberikan informasi atau Cara Mengatasi Lovebird Nyilet 2 Hari Sembuh.


Burung yang terserang parasit ini banyak penyebabnya diantaranya kandang yang kurang bersih, sering gigit-gigit jeruji besi yang sudah berkarat, kadang kala burung juga sering memakan kotoranya yang sudah kering, dll. Burung yang mengalami nyilet kebanyakan burung yang diternak dengan sistem koloni.

Dalam sistem koloni pada kandang kita sering tidak memperhatikan kebersihan kandang sehingga banyak burung mengalami nyilet. Kadang juga kita tidak tau kalau burung lovebird itu sakit tidaknya nanti tau-tau sudah mati dalam kandang. Kurangnya sinar matahari dan udara yang tidak dapat berganti juga pemicu burung lovebird nyilet.

Untuk mencegah burung nyilet ada beberapa hal yang harus kita perhatikan diantaranya :

1. Jaga kebersihan kandang. Usahakan 2 hari sekali selalu dibersihkan kandang dari sisa-sisa makanan dan kotoran burung. Jika 2 hari tidak bisa membersihkan usahakan minimal seminggu sekali.
2. Cuci tempat air minum dan tempat pakan minimal seminggu sekali agar bersih dari kuman dan parasit yang akan menyerang burung lovebird. Dalam mencuci wadah pakan dan minumannya pakai sabun agar kuman dan parasit yang menempel mati.
3. Jemur burung minimal seminggu sekali atau 3 hari sekali. Dengan menjemur burung lovebird di sinar matahari maka akan membuat burung sehat dan gesit sehingga kuman yang sudah terlanjur menempel tidak akan mudah berkembang.
4. Jika menggunakan kandang koloni alas sangkar usahakan diberi alas pasir saja sehingga dalam membersihkan nantinya kita mudah.
5. Beri ventilasi udara agar udaranya selalu dapat berganti dengan udara yang segar.
6. Pakan selalu ganti dengan yang baru dan beri vitamin minimal seminggu sekali.

Nah, itulah cara mencegah agar burung lovebird yang sudah sehat tidak terjangkit dengan penyakit burung nyilet. Burung lovebird yang sudah nyilet memang sulit unuk disembuhkan jika kita telat dalam penanganannya. Lebih baik mencegah dari pada mengobati sebab mengobati lebih sulit jika sudah terlanjur parah.

Burung lovebird yang sudah terlanjur terjangkit nyilet maka kita sebagai peternak burung love bird wajib untuk mengobatinya. Banyak dari kawan-kawan peternak burung lovebird yang belum tahu cara mengatasinya atau mengobati burung love bird nyilet. Hal ini biasanya terjadi pada peternak love bird yang masih pemula, yang belum banyak pengalaman dalam menangani burung nyilet.

Hal pertama bagi para peternak burung lovebird pemula jika mengalami burung nyilet tidak usah bingung atau putus asa. Coba cari dahulu apa penyebabnya burung love bird nyilet? jika disebabkan karena parasit itu dapat disembuhkan. Tetapi jika ada penyebab lain contohnya mulut atau tenggorokannya sakit itu akan lebih sulit lagi untuk disembuhkan. Ciri burung nyilet karena parasit itu dalam hal makan masih habis banyak. Nah seperti ini dapat disembuhkan dengan cepat.

Cara Mengatasi Lovebird Nyilet 2 Hari Sembuh

Sebelum mengobati lovebird nyilet jika burung masih dalam koloni maka disendirikan dulu dalam sangkar kecil. Hal ini agar dalam mengobati dan mengawasi kita lebih dapat maksimal dibanding jika masih dalam kandang koloni. Dalam menyembuhkan burung love bird nyilet karena parasit tidak usah menggunakan racikan apa-apa atau obat yang mahal-mahal.

Cara dan penanganannya burung nyilet itu bagaimana? Coba perhatikan dan baca cara yang akan saya sampaikan dibawah ini :

1. Sendirikan dulu burung yang sakit dengan burung yang sehat
2. Dari pagi hingga siang jangan diberi pakan dan minum. Ingat ya sampai siang saja jangan sampai sore bisa mati nanti burung lovebirdnya. Minimal sampai jam 1 siang.
3. Kemudian berikan 3 tetes obat cacing yang bisa untuk manusia dengan merk Combant**n cair langsung ke paruhnya. Berikan tetesan itu lewat samping paruh setetes demi setetes agar masuk ke tubuh.
4. Setelah diberi tetes dalam minum yang ditaruh dalam sangkar berikan juga 5 tetes yang dicampur dengan air bersih.
5. Masukkan juga pakan yang baru.
6. Ulangi sampai burung benar-benar sudah sehat lagi

Dalam pemberian obat cacing ke burung lovebird yang nyilet biasanya dalam 1 hingga 2 jam burung nanti mengeluarkan cacing yang ada pada tubuhnya. Jika hal ini terjadi dipastikan burung akan sehat kembali namun jika belum mengeluarkan ulangi cara diatas besoknya lagi hingga burung lovebird benar-benar sehat kembali.

Demikianlah informasi tentang Cara Mengatasi Lovebird Nyilet 2 Hari Sembuh yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita dalam hal menangani burung nyilet. Cara ini juga dapat diterapkan pada burung selain lovebird yang mengalami nyilet juga.

Sekian dan terima kasih, salam sukses selalu para kicau mania dan para peternak burung tetap semangat dalam beternak agar burung tidak punah.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Lovebird Nyilet 2 Hari Sembuh"