Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membedakan Murai Batu Anakan Jantan

Burung Murai Batu Anakan Jantan -- Halo sobat kicau mania dimanapun berada? Bagaimana punya kabar hari ini? pasti baik-baik saja dan saya do'akan semoga dalam keadaan sehat semuanya amiin. Kali ini pada postingan berikut akan saya bahas tentang Cara Membedakan Murai Batu Anakan Jantan. Karena untuk menentukan anakan burung murai memang sulit untuk sebagian orang apalagi yang masih awam tentang murai batu.


Murai batu merupakan burung yang paling banyak diminati oleh kicau mania dipenjuru tanah air ini. Burung murai juga memiliki nilai jual yang sangat tinggi harganya. Harga burung murai batu yang sudah dewasa atau sudah berkicau itu dapat mencapai juataan rupiah. Maka dari itu banyak para kicau mania yang memilih memelihara dari anakan atau bakalan yang harganya masih relatif terjangkau.

Dalam hal memilih burung murai batu anakan itu memerlukan pengetahuan khusus. Apalagi dalam hal menentukan jenis kelamin anakan murai batu jantan memang agak sulit bagi kicau mania pemula.

Membedakan jenis kelamin burung murai batu anakan jantan dan betina itu sangat penting dilakukan. Karena harga anakan murai jantan dan betina memang berbeda jauh. Bukan hanya soal harga, dari segi kicau juga berbeda. Murai jantan memiliki kicau yang sangat bagus sedangkan murai betina kurang begitu bagus.

Cara Membedakan Murai Batu Anakan Jantan

Untuk itu kita jangan salah pilih dalam menentukan jenis kelamin burung murai batu anakan. Agar tidak menyesal dikemudian hari nanti untuk mendapatkan murai batu jantan yang diharapkan. Agar tidak salah pilih maka pelajari dahulu ciri-ciri murai batu jantan dan murai batu betina anakan berikut ini :

Anakan Murai Batu Jantan

Murai batu jantan anakan memiliki tanda yang tidak dimiliki oleh murai anakan betina. Ciri dari anakan murai batu jantan adalah :

1. Memiliki bentuk kepala yang lebih besar dan lebar serta juga terlihat kotak
2. Bentuk paruh terlihat tebal dan besar serta agak panjang
3. Memiliki mata bulat dan sedikit menonjol keluar
4. Warna bulu pada dada murai batu anakan memiliki binti-bintik kuning yang tegas
5. Memiliki warna hitam legam pada bulu ditubuhnya
6. Sedangkan bentuk tubuh burung murai batu anakan jantan memiliki badan yang besar serta jika nangkring agak berdiri tegak sembari membusungkan dadanya

Anakan Murai Batu Betina

Untuk mengetahui ciri dari jenis kelamin murai batu anakan betina adalah sebagai berikut :

1. Bentuk kepala yang terlihat kecil dan cenderung bulat
2. Bentuk paruh yang relatif kecil serta pendek dan tipis
3. Memiliki bentuk mata yang kecil
4. Warna bulunya terlihat keabu-abuan
5. Warna bulu pada dadanya terlihat memutih
6. Memiliki postur tubuh yang kecil serta jika nangkring agak membungkuk
7. Suara yang dihasilkan dari anakan murai batu betina terdengar cempreng dan kecil

Membedakan jenis kelamin anakan murai batu sangatlah penting dilakukan. Agar kita tidak salah pilih nantinya serta kita mendapatkan burung jantan yang diharapkan.

Burung murai batu berjenis kelamin jantan dapat berkicau mengeluarkan banyak variasi dan isian. Jadi, jangan salah pilih dalam membedakan jenis kelamin burung murai yang diinginkan. Untuk itu memilih murai batu yang diharapkan harus berhati-hati agar tidak menyesal dikemudian hari.

Demikian informasi tentang Cara Membedakan Murai Batu Anakan Jantan yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam memilih anakan murai.

Sekian terima kasih dan salam sukses selalu.

Posting Komentar untuk "Cara Membedakan Murai Batu Anakan Jantan"