Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meloloh Anakan Kacer Dan Racikan Pakan Lolohan Anak Kacer

Cara Meloloh Anakan Kacer Dan Racikan Pakan Lolohan Anak Kacer -- Dalam beternak burung kacer jika dapat menghasilkan anakan pastinya kita akan merasa bangga dan senang. Sebab, dalam beternak burung kacer itu tidak semudah yang kita bayangkan. Memang dalam beternak burung kacer itu sangatlah sulit, namun jika kita tekuni dan pelajari apa yang kurang akan mudah jadinya.


Beternak burung kacer jika sudah menetas anakannya lebih baik kita loloh sendiri, agar indukannya cepat bertelur lagi dan menghasilkan anak lagi. Dalam mengambil anakan burung kacer biasanya sudah berumur 6-10 hari jangan mengambil anakan burung kacer yang sudah besar atau sudah komplit bulu-bulunya. Jika mengambil anakan burung kacer yang sudah besar nanti jika diloloh tidak akan jinak lagi alias giras mirip burung tangkapan alam.

Dan jangan sekali-kali mengambil anakan burung kacer yang masih kecil atau berusia dibawah 7 hari hal itu dikarenakan anak burung kacer masih lembut dan sangat rawan akan kematian. Biasanya induk burung kacer yang sudah diambil anaknya akan bertelur lagi dalam 7-10 hari semenjak anaknya diambil, itupun kalau pakannya penuh dengan nutrisi.

Anakan burung kacer yang kita loloh alangkah baiknya kita tempatkan didalam kardus atau didalam besek. Tujuannya agar sang anak akan merasa hangat seperti masih berada dengan sang induknya. Dan jangan lupa didasar kardus atau besek diberi alas seperti rumput-rumputan atau apa yang penting empuk dang hangat.

Jangan lupa diwaktu pagi anak burung kacer didedekan sebentar agar lebih merasa hangat dengan sinar matahari pagi. Karena sinar matahari pagi sangat bagus untuk pertumbuhan tulang anakan burung kacer.

Untuk hari pertama setelah pengambilan dari sang induk kita jangan buru-buru untuk meloloh atau memaksakan untuk meloloh anakan burung kacer. Kita tunggu saja nanti anakan burung kacer akan membuka paruhnya sendiri, nah diwaktu itu kita baru boleh untuk melolohnya. Dalam meloloh anakan kacer dihari pertama kita berikan saja kroto atau jangkrik yang diambil perutnya saja. Dihari pertama ini sang anak burung kacer masih banyak diamnya sebab baru adaptasi dengan manusia.

Setelah dihari kedua dan seterusnya anakan burung kacer boleh kita berikan campuran pakan yakni anatara voer dengan kroto. Voer dan kroto ini dicampur dengan air hangat dan diaduk hinga lembut setelah itu baru kita berikan ke burung anakan kacer. Dalam meloloh anakan burung kacer jika kita melihat anakan burung kacer sebentar-bentar buka paruhnya maka kita suapi saja. Itu sudah menjadi naluri anakan burung kacer yang sebentar-bentar merasa lapar.

Adonan lolohan burung kacer itu dibanyakin krotonya yakni 70% dan voernya 30% saja. Jika kita kesulitan dalam mencari kroto boleh kita ganti dengan ulat balap. Ulat balap itu adalah ulat kecil-kecil yang dijual dikios-kios burung atau lebih dikenal dengan ulat kandang. Diwaktu meloloh anakan burung kacer jangan lupa selalu membuang kotorannya jangan sampai menumpuk didekat anakan burung kacer agar sang anak merasa sehat.

Setelah anakan burung kacer yang kita loloh berusia 15 hari porsi pakan lolohannya kita ganti yakni sama perbandingannya antara voer dan koroto 50 : 50. Dan setelah anakan burung kacer sudah berusia 20 hari kita berikan jangkrik, namun yang kita berikan hanya perutnya saja yang kepalanya kita buang.

Setelah anakan burung kacer berusia lebih dari 30 hari atau satu bulan alangkah baiknya kita pindahkan ke dalam sangkar gantung. Sebab diusia ini anakan burung kacer sudah belajar untuk terbang. Takutnya nanti kalau masih didalam kardus atau besek saat kitabuka terbang entah kemana.

Sangkar yang digunakan untuk anakan kacer yang baru belajar terbang dan nangkring maka tangkringan didalam sangkar kita berikan yang bertekstur kasar. Tangkringan yang bertekstur kasar itu seperti ranting dari kayu asam, kayu jati yang sudah diukir atau kalian cari saja dikios-kios yang jual aksesoris burung pasti ada. Dan didalam sangkar berikan minum daan pakan yang biasa kita berikan dalam meloloh sebab burung kacer usia segini sudah belajar untuk makan sendiri.

Jika anakan burung kacer sudah mau makan sendiri jangan lupa setiap pagi dan sore berikan jangkrik. Dan setiap pagi di panaskan dengan panas matahari pagi, pada waktu pemanasan jangan lama-lama sebab anakan burung kacer belum betah lama disinar matahari. Ya kira-kira setengah jam saja untuk memanaskannya.

Dalam hal ini kita sudah dapat menentukan jenis kelamin dari anakan burung kacer mana jantan dan mana yang betina. Sebab kita sudah bisa melihat dari bulu-bulunya yang sudah komplit.

Bagaimana ciri-ciri kita dalam membedakan jenis kelamin anakan burung kacer dari dilihat bulu-bulunya saja?

Kalau kita sudah lama dalam beternak kacer pastinya akan tahu mana anakan burung kacer jantan dan yang betina dengan sangat mudah cuma dengan melihat dari bulu-bulunya saja. Coba perhatikan penuturan saya ini hampir 90% akurat dalam menentukan jenis kelamin anakan burung kacer.
Pertama perhatikan bulu didadanya, jika anakan yang dihasilkan dari ternakan kita coba bandingkan bulu didadanya pasti akan berbeda warna.

Kedua jika warna bulu didadanya gelap atau hitam pekat maka sudah pasti itu yang berjenis kelamin jantan. Namun jika bulu didadanya berwarna agak pudar atau keabu-abuan maka dipastikan berjenis kelamin betina.

Catatan : Ciri yang saya berikan diatas mana jantan mana betina terkadang masih salah sebab ada anakan burung kacer yang memiliki bulu didada juga gelap bisa jadi betina. Maka dari itu coba bandingkan saja jika satu sarang pasti yang betina warna bulu didadanya agak pudar. Burung kacer itu jenisnya berbeda-beda ini sudah saya alami waktu beternak dulu.

Dan yang perlu diperhatikan dalam beternak burung jagalah kebersihan kandangnya. Agar burung-burung yang kita pelihara menjadi sehat dan tidak sakit-sakitan. Lebih baik kita mencegah dari pada mengobati.

Demikian yang dapat saya berikan informasi mengenai Cara Meloloh Anakan Kacer Dan Racikan Pakan Lolohan Anak Kacer. Semoga informasi ini menjadi berguna bagi kalian yang ingin meloloh anakan burung kacer sendiri.

O, ya lupa racikan pakan lolohan anakan burung kacer yang baik agar anakanya gemuk maka berikan campuran voer ayam, voer untuk burung dan dicampur kroto atau ulat kandang. Lolohlah anakanburung kacer dengan kasih sayang yang baik agar menghasilkan burung kacer yang istimewa nantinya.

Sekian dan terima kasih

Posting Komentar untuk "Cara Meloloh Anakan Kacer Dan Racikan Pakan Lolohan Anak Kacer"