Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tempat Wisata Yang Ada Di Kota Solo Jawa Tengah Belum Banyak Yang Tahu

10 Tempat Wisata Yang Ada Di Kota Solo Jawa Tengah Belum Banyak Yang Tahu -- Masa liburan masih panjang, Apakah kalian bingung mau liburan kemana? Tidak usah bingung tujuan liburan kemana. Sebab saya akan merekomendaikan bagi anda yang kebingungan mau liburan kemana. Untuk anda yang rumahnya sekitaran Surakarta atau Jawa Tengah ternyata di kota Solo banyak tempat-tempat yang enak untuk dikunjungi loh.

Solo merupakan salah satu kota yang ada di provinsi Jawa Tengah. Kota Solo lebih dikenal dengan sebutan kota Budaya oleh masyarakat sekitar. Sebab kota Solo ternyata masih mempertahankan tradisi jaman kerajaan dulu atau menguri-uri budoyo kuno.

Selain budaya yang masih kental seperti jaman kerajaan, ternyata kota Solo menyimpan banyak tempat-tempat untuk dikunjungi. Tempat-tempat tersebut sangatlah indah bagi anda yang suka selfi atau foto-foto tentang sejarah. 

Jika kalian ingin mengelilingi kota Solo tidak usah bingung kesasar, sebab disan sudah banyak transportasi yang akan mengantarkan tujuan anda. Mulai dari bus kota, angkot, ojek online, dan lain-lain di kota Solo sudah banyak tersedia.

Sebelum mengunjungi kota Solo alangkah baiknya kalian mengetahuinya terlebih dahulu lewat arikel ini. Berikut adalah daftar tempat-tempat yang wajib kalian kunjungi ketika di kota Solo :

1. Bengawan Solo


Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang di Jawa Tengah. Ditempat ini kalian dapat merasakan naik getek atau perahu kecil untuk sekedar penghilang penat.

2. Keraton Kasunanan Surakarta


Keraton Kasunanan Surakarta ini terletak di Jalan Sidikoro, Baluwati, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah. 

Di Keraton Kasunanan Surakarta ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal raja dan masih menjalankan tradisi kerajaan hingga sekarang. Pusatnya Kota Solo ya ada disini ini, jika malam hari tiba dialun-alun keraton tidak sepi dari orang-orang yang hanya sekedar ngopi atau nongkrong.

Ini sangatlah penting jika kalian berkunjung ke Keraton kalian wajib mematuhi peraturan yang ada, contohnya kalian tidak boleh mengenakan celana pendek, tidak boleh merokok, tidak boleh pakai kacamata berwarna hitam, tidak bertopi, tidak memakai sandal jepit, tidak boleh mengenaka jaket, dan tidak boleh membawa makanan dari luar.

3. Pura Mangkunegaran


Pura Mangkunegaran ini bangun pada jaman raja Mangkunegara II pada tahun 1757 yang memadukan sentuhan arsitektur Eropa dengan rumah tradisional Jawa.

Di Pura ini selain kalian menikmati arsitekturnya yang megah kalian juga dapat menemukan benda-benda kuno seperti gamelan, wayang, maupun benda bersejarah lainnya.

4. Taman Sriwedari


Konon Taman Sriwedari ini dibuat hanya untuk tempat peristirahatan keluarga kerajaan. Taman Sriwedari sendiri berada di Jln. Brigjend Slamet Riyadi, Sriwedari, Laweyan, Solo, Jawa tengah.

Jika kalian suka shoping tempat ini sangatlah cocok bagi kalian yang ingin membeli souvenir atau lainnya. Taman Sriwedari ini buka dari Jam 10.00 pagi hingga jam 22.00 malam.

5. Pasar Triwindu Solo


Jika Kalian suka dengan barang-barang antik atau kuno dipasar inilah semua barang antik ada. Seperti uang kuno, perabot rumah tangga kuno, bahkan alat-alat kuno juga tersedia disini.

6. Kampung Batik Kauman


Dikampung ini kalian dapat merasakan bagaimana caranya membuat kain batik. Hasil batik dari kampung Batik Kauman ini bukan hanya dipasarkan di Indonesia saja, Bahkan sudah sampai mancanegara. Jika kalian berkunjung disini jangan kaget kalu melihat banyak bule yang berkunjung kesini, mereka berkunjung ke kampung Batik ini hanya sekedar ingin membeli kain batik saja.

7. Agro Wisata Sondokoro


Awalnya Agro Wisata Sondokoro ini adalah pabrik gula yang sudah tidak berfungsi lagi kemudian dialih fungsikan menjadi tempat wisata. Tempat wisata Sondokoro ini berjarak 5 KM dari Kota Solo. Ditempat ini selain kalian menikmati kesejukan udaranya kalian juga dapat pijat refleksi, berenang dikolam berbagai ukuran, terapi ikan, dan flying fox.

8. Museum Batik Danar Hadi


Museum ini terletak di Jln. Brigjend Slamet Riyadi, Sriwedari, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah. Dimuseum inilah kalian dapat mengetahui berbagi macam koleksi batik mulai dari yang klasik hingga kontemporer. Selain itu kalian juga dapat mengetahui cara pembuatan kain batik.

9. Taman Balekambang


Taman yang memiliki luas sekitar 10 hektar ini sangatlah cocok untuk dijadikan tempat liburan dengan keluarga. Lokasinya sangat sejuk, sebab banyak pohon besar yang tumbuh dilokasi taman. Selain itu kalian juga dapat menikmati berbagai satwa antara lain rusa, angsa, dan beberapa satwa lainnya. 

Tempat ini berlokasi di Jln. Balekambang, Manahan, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. Dan objek wisata ini buka mulai dari jam 06.00 pagi hingga jam 17.00 sore.

10. Pandawa Water World Solo Baru


Objek wisata ini diresmikan pada tahun 2007 lalu, dimana pada beberapa tempat terdapat patung-patung. Patung-patung ini menggambarkan tokoh yang ada dalam dunia pewayangan, seperti Arjuna, Nakula, Sadewa, Drupadi dan tokoh lainnya.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan objek wisata yang ada di Kota Solo. Mumpung masih musim liburan tempat-tempat ini wajib anda kunjungi.

Posting Komentar untuk "10 Tempat Wisata Yang Ada Di Kota Solo Jawa Tengah Belum Banyak Yang Tahu"