Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Racikan Pakan Lolohan Cendet Agar Gemuk, Sehat, Dan Cepat Besar

Racikan Pakan Lolohan Cendet Agar Gemuk, Sehat, Dan Cepat Besar



Burung cendet sejatinya adalah burung pemakan daging atau serangga. Di alam liarnya burung cendet memakan serangga kecil, belalang, capung, katak, jangkrik, bahkan burung ini memakan burung yang lebih kecil darinya.

Burung cendet ini dalam memantau mangsanya biasanya bertengger pada tempat yang tinggi atau biasanya di pucuk pohon yang tinggi. Setelah dirasa bidikannya tepat burung ini terbang tidak mengeluarkan suara maka dari itu mangsanya tidak tau kalau sedang dalam keadaan bahaya. Burung cendet selalu tepat dalam membidik mangsanya mirip seperti burung elang.

Burung cendet bukan burung koloni namun burung ini merupakan burung yang hidup secara teritorial. Maksudnya burung ini hanya hidup sepasang menempati satu daerah dan tidak akan berpindah-pindah. Jika daerah teritorialnya terganggu burung ini tidak segan-segan untuk mengusir pengganggu. Apalagi burung ini jika memiliki anak atau sarang yang ada anaknya maka akan lebih agresif lagi.

Burung cendet banyak hidup di sawah atau di hutan-hutan tropis. Burung cendet banyak di jumpai di pulau Jawa, Sumatra. Burung cendet berproduksi hanya setahun sekali. Burung cendet dalam berproduksi biasanya pada musim akhir penghujan atau awal musim kemarau. Sebab burung cendet ini sangat suka dengan panas.

Pada waktu awal musim kemarau di pastikan di pasar-pasar burung banyak yang jual anakan cendet. Jika kalian ingin beli namun masih bingung dalam membedakan mana jantan dan betina kalian dapat membaca artikel ini, silahkan klik saja ( Cara Bedakan Cendet Anakan Jantan Atau Betina ).

Dalam memelihara burung anakan cendet tidak semudah yang kita bayangkan itu ada tips-tipsnya. Tipsnya apa saja? Tentunya pada pemberian pakan untuk melolohnya sebab anakan cendet itu masih belum mandiri dalam mencari makan. Disini saya akan membagikan tips Racikan Pakan Lolohan Cendet Agar Gemuk, Sehat, Dan Cepat Besar.


Agar anakan cendet yang kita pelihara bisa gemuk dan cepat besar maka siapkan pakan yang berkualitas. Maksudnya berkualitas adalah jangan asal-asalan dalam memberikan makanan kepada burung cendet ini jika salah nanti dapat mengakibatkan Kematian. Masih ingat paragraf pertama di atas sejatinya burung cendet merupakan burung pemakan daging atau serangga kecil. Nah, dari sini sudah tau belum apa yang saya maksud.

Dalam memberikan Lolohan kepada burung cendet jangan hanya memberikan Voer saja. Jika hanya di kokoh dengan Voer saja lama kelamaan burung cendet akan kurus tubuhnya kemudian akan lemas dan mati.

Berikut Racikan Pakan Lolohan Cendet Agar Gemuk, Sehat, Dan Cepat Besar :

1. Voer ayam broiler ( BR 1 )
2. Voer untuk burung berkicau
3. Ulat kandang
4. Jangkrik

Bahan di atas cara mencampurnya sebagai berikut :

1. Siapkan air panas
2. Voer ayam, Voer untuk burung berkicau, dan ulat kandang di campur menjadi satu dalam satu wadah.
3. Setelah pada nomer 2 tercampur rata kemudian masukkan air panas secukupnya dan biarkan sampai Voer hancur sendiri.
4. Aduk-aduk hingga rata
5. Dinginkan.
6. Setelah dingin baru dapat diberikan kepada anakan burung cendet.

Dengan racikan pakan Lolohan Cendet di atas semoga dapat membantu kalian dalam meloloh cendet agar bisa hidup sampai dewasa. Racikan diatas sudah saya buktikan sendiri sejak saya masih SD dulu dalam merawat cendet.

O iya, lupa. Itukan masih ada jangkrik yang belum dibahas. Ya, jangkrik diberikan secara langsung saja pada burung Lolohan Cendet kita dengan cara hilangkan kaki-kaki jangkrik dan kepalanya baru kemudian diberikan setelah burung cendet di loloh racikan Voer di atas.

Demikian yang dapat saya sampaikan dan terima kasih sudah berkunjung ke blog saya ini.

Posting Komentar untuk "Racikan Pakan Lolohan Cendet Agar Gemuk, Sehat, Dan Cepat Besar"