Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Jenis Semut Rangrang Penghasil Kroto

Jenis Jenis Semut Rangrang Penghasil Kroto


Dalam bahasa jawa Semut Rangrang di sebut juga dengan Semut Angkrang merupakan semut yang sangat berguna bagi petani buah. Semut ini dapat dimanfaatkan sebagai penanggulang hama tanaman atau ulat yang mengganggu tanaman.

Selain semut rangrang di manfaatkan oleh petani untuk menjaga tanamannya, rangrang juga dimanfaatkan sebagai pakan ternak atau pakan burung berkicau. Namun yang diambil sebagai pakan bukan semutnya tetapi telurnya yang disebut dengan kroto.

Menurut penelitian semut rangrang ini semula ada 15 spesies, namun adanya perkembangan jaman yang 13 sudah punah dari bumi ini. Ternyata semutpun juga dapat punah ya? saya pun juga tidak tau penyebab kepunahannya kenapa...

Semut rangrang hidup berkoloni seperti semut semut yang lainnya, bahkan koloni semut rangrang sangatlah tinggi di banding hewan koloni lainnya. semut rangrang memiliki koloni yang tinggi populasinya dalam sarang yang di buatnya pada daun yang cantik itu.

Semut rangrang juga memiliki sifat yang teritorial atau galak saat sarangnya didekati hewan lain atau manusia. Mereka akan menyerang secara bersama-sama kepada hewan atau manusia yang mendekati sarangnya atau yang akan mengambil sarangnya.

Yang akan saya bahas bukan krotonya yang dimanfaatkan manusia sebagai pakan burung berkicau namun disini saya akan menjelaskan jenis-jenis semut rangrang. Apa saja jenis-jenisnya silahkan simak uraian yang di bawah ini:

1. Ratu Semut

Ratu Semut merupakan pemimpin dari koloni semut rangrang. Dalam setiap koloni semut rangrang sudah dipastikan memiliki ratu semut. Ratu semut ini yang menghasilkan telur yang disebut kroto tersebut.

Adapaun ciri-ciri dari ratu semut rangrang tersebut sebagai berikut:

- Memiliki warna hijau atau kecoklatan pada tubuhnya
- Berukuran sekitar 20-25 mm
- Memiliki perut yang besar
- Memiliki sayap ketika belum kawin
- Selalu berada pada sarang yangmasih baru atau daun yang masih muda

2. Semut Rangrang Jantan

Semut rangrang jantan memiliki masa hidup yang relatif sangat singkat yakni cuma minggu masa hidupnya. Mengapa demikian? Sebab tugas dari semut rangrang jantan cuma membuahi ratu semut rangrang. Semut rangrang jantan memiliki ciri badannya berwarna hitam dan bertubuh sangat kecil.

3. Semut Rangrang Pekerja

Semut rangrang pekerja ini mirip dari koloni serangga-serangga pada umumnya yang sering kita jumpai. Tugas mereka cuma merawat telur atau kroto semut rangrang yang ada dalam sarang.

Ciri-ciri semut rangrang pekerja adalah sebagai berikut:

- Memiliki warna orange pada tubuhnya
- mempunyai ukuran tubuh sekitar 5-6 mm
- Semut pekerja merupakan semut rangrang yang mandul
- Semut rangrang pekerja ini hidupnya selalu di dalam sarangnya

4. Semut Rangrang Prajurit

Semut rangrang prajurit memrupakan semut yang memiliki tugas yang sangat vital yakni menjaga sarang dari predator lainnya. Semut rangrang prajurit ini sangat banyak jumlahnya dibanding jenis semut rangrang lainnya. Semut rangrang prajurit ini juga bertugas membangun sarang baru. Mereka mmiliki rahang yang kuat dan kaki yang kuat pula.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan Jenis Jenis Semut Rangrang Penghasil Kroto. Semoga artikel dapat membantu kalian untuk mengetahui semut rangrang lebih jauh lagi.

Posting Komentar untuk "Jenis Jenis Semut Rangrang Penghasil Kroto"