Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merekam Layar Monitor Komputer Dengan Aplikasi Camtasia Studio

Bingung, mau merekam aktifitas kita pada komputer atau mau bikin video tutorial?

Tidak usah bingung lagi untuk merekam layar komputer atau laptop anda dengan menggunakan salah satu aplikasi gratis alias tidak berbayar.



Baru - baru ini banyak orang membuat video tutorial dan di upload di youtube. Namun kita bingung menggunakan aplikasi apa untuk merekam tersebut. Aplikasi untuk merekam layar komputer memang banyak ada yang gratsi dan aa pula yang berbayar. Disini saya akan menulis Cara Merekam Layar Monitor Komputer Dengan Aplikasi Camtasia Studio.

Camtasia Studio merupakan sebuah aplikasi yang sangat ringan untuk komputer kita. Memang aplikasi ini di tujukan untuk windows 7 kebawah karena notabenenya windows tersebut jika di isi bebagai aplikasi menjadi berat.

Aplikasi Camtasia Studio selain untuk merekam layar, aplikasi ini juga bisa buat mengedit video buatan kita. Di dalam aplikasi ini dilengkapi beberapa fitur yang sangat mudah untuk di gunakan untuk mengedit video. Untuk para pemula atau yang belum mahir dalam mengedit video aplikasi ini saya rekomendasikan untuk anda.

Untuk yang pertama kali menggunakan aplikasi ini mungkin akan merasa bingung namun jika sudah beberapa kali menggunkan akan menjadi mudah. Aplikasi ini di rancang agar mudah pemakaiannya.

Nah, langsung saja kita menuju ke pembahasan Cara Merekam Layar Monitor Komputer Dengan Aplikasi Camtasia Studio

1. Download Aplikasi Camtasia Studio

Jika kalian sudah punya pada komputer atau laptop tidak usah lagi untuk download. Namun jika belum punya silahkan download terlebih dahulu ( brwsing saja).

2. Buka Aplikasi Camtasia Studio

Setelah kalian download kemudian silahkan di buka aplikasinya dan tampilan pertama seperti ini :

3. Pilih Record The Screen

Tombol Record The Screen kalian klik yang berada pada bawah menu yang umumnya berwarna merah. Atau kalian dapat menggunkan tombol salah satu menu yang ada pada camtasia studio yakni Tool. Tool kalian klik nati ada beberapa sub menu kalian pilih Record The Screen. Atau kalian dapat menggunkan dengan keyboard anda dengan menekan tombol Ctrl+R

4. Tampilan Record The Screen

Setelah Record The Screen di klik nanti tampilannya akan berubah seperti pada gambar berikut :

Keteangan Gambar :

* Full screen artinya merekam semua layar monitor komputer atau laptop anda.
* Custom artinya ingin merekam layar monitor sesuai keinginan kita
* Dimension artinya mau di buat dimensi berapa sesuai yang kita mau
* Webcam artinya jika ada webcamnya bisa anda gunakanuntuk menampilkan wajah kalian pada video
* Audio artinya kalian dapat mengaktifkan audio untuk merekam suara yang anda keluarkan atau suara di sekitar anda.
* Rec artinya tombol untuk memulai merekam layar monitor

5. Menghentikan Perekaman

Untuk menghentikan perekaman pada aplikasi camtasia studio kalian dapat menggunkan tombol pada keyboard anda dengan menekan F10 atau anda juga bisa langsung menekan tombol Stop pada Tampilan record the screen.

Demikian yang dapat saya bahas untuk lebih lanjutnya pelajari sendiri atau gunakan setiap hari nanti lama kelamaan juga akan bisa sendiri. Semoga dapat membantu kalian yang masih merasa kebingunan dan menjadikan referensi anda.

Posting Komentar untuk "Cara Merekam Layar Monitor Komputer Dengan Aplikasi Camtasia Studio"