Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sambel Tumpang Masakan Khas Kota Sragen Yang Terbuat Dari Tempe Busuk

Hallo, sobat penikmat kuliner nusantara. Ada yang pernah mendengarmmasakan khas kota Sragen belum? Pasti dari kalian banyak yang tanya. Sragen apa punya masakan khas? Menurut orang-orang Sragen memiliki masakan khas yakni sambel tumpang. Ya saya disini akan mengulas tentang  Sambel Tumpang Masakan Khas Kota Sragen.



Namun sebelum saya ulas Sambel Tumpang Masakan Khas Kota Sragen alangkah baiknya kalian mengenal wilayah kota Sragen agar jika mau berkunjung kesini tau. Baca dulu wilayah Sragen dibawah ini.

Sragen adalah kota kecil disalah satu provinsi Jawa Tengah. Kota yang memiliki moto Sragen ASRI Aman Sehat Rapi Indah. Kota yang berada 30 KM Utara kota Surakarta, dan pusat kota berada di Sragen. Sragen yang berbatasan dengan kabupaten Ngawi sebelah timur, Kabupaten Karanganyar sebelah selatan, Kabupaten Boyolali sebelah Barat dan Kabupaten Grobogan sebelah Utara.

Sragen memiliki luas tanah 941.55 km². Dan mempunyai slogan The Ancient Of Java dan memiliki julukan Bumi Sukowati, Kota Fosil.

Sragen juga memiliki banyak potensi alam yang bisa anda kunjungi salah satunya yakni situs manusia purba yang ada di Sangiran letaknya sekitar 30 KM² dari pusat kota. Selain Sangiran Sragen sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat yang asyik untuk dikunjungi untuk mengetahui tempat lainnya baca juga Tempat Wisata Indah Di Kota Sragen

Setelah kalian mengetahui alam dan tata letaknya wilayah kota Sragen mari kita ulas masakan khasnya.

Artikel yang saya beri judul Sambel Tumpang Masakan Khas Kota Sragen.

Sambel tumpang merupakan masakan yang terbuat dari tempe. Siapa sih yang tidak tau tempe? Pasti di meja makan kalian selalu ada dan terhidang tempe sebagai lauk makan. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang diberi ragi ini sangat populer di Indonesia.

Sambel tumpang itu diolah dengan berbagai bumbu dan bahan lainnya. Diberi nama sambel karena ada bahan campurannya dengan cabai. Sambel tumpang yang berbahan baku tempe ini ada proses yang harus kalian ketahui yaitu tempe yang dipakai bukan tempe yang baru jadi melainkan tempe yang sudah beberapa hari. Atau orang jawa menyebutnya dengan istilah tempe bosok.

Mengapa kok yang dipakai tempe yang sudah lama atau bosok karena jika menggunakan tempe baru jadi tidak akan ada citarasa tersendiri atau rasanya hambar. Namun jika menggunakan tempe bosok sambel tumpang tersebut akan memiliki rasa yang khas dan enak.

Bumbu dan bahan yang dipakai selain tempe yang saya sebutkan diatas ada bahan lain yang seperti masakan-masakan pada umumnya. Sambel tumpang berbahan dasar tempe bosok kemudian dicampur cabe, bawang putih, bawang merah, dan lain sebagainya bahan ini semua dihaluskan baik tempe maupun bahan campurannya.

Sambel tumpang cocok dihidangkan dengan nasi dan macam-macam gorengan atau bisa juga dengan kerupuk. Rasa yang dihasilkan enak dan gurih. Jika kalian penasaran silahkan mencoba masakan ini pasti kalian ketagihan.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan tentang Sambel Tumpang Masakan Khas Kota Sragen yang. Orang asli Sragen yang merantau pasti merindukan dengan masakan sambel tumpang ini. Jika kalian berkunjung dikota Sragen warung warung makan pasti ada didaftar menu masakan ini.

Cukup sekian jika kurang berkenan di hati pembaca semua saya minta maaf. Dan saya ucapkan banyak banyak terima kasih atas jkunjunga Anda ke blog ini semoga blog ini ada manfaatnya buat kalian semua.

Posting Komentar untuk "Sambel Tumpang Masakan Khas Kota Sragen Yang Terbuat Dari Tempe Busuk"