Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Telur Burung Lovebird Tidak Menetas, Kita Wajib Mengetahuinya

Seorang peternak berharap hasil dari ternaknya melimpah. Hal tersebut yang paling diharapkan setiap peternak burung Lovebird. Kadang burung ternakannya sudah mau menetas saja senang sekali. Namun jika burung Lovebird ternakannya sudah bertelur tapi tiba saat yang diharapkan telur tidak menetas membuat susah para peternak burung Lovebird.



Telur yang tidak mau menetas itu harus kita ketahui apa penyebabnya. Sebagai peternak hal-hal sekecil apapun harus diperhatikan agar tidak merugi dalam beternak. Marilah kita ulas bersama apa Penyebab Telur Burung Lovebird Tidak Menetas, Kita Wajib Mengetahuinya.

Beberapa penyebab telur burung Lovebird tidak menetas adalah sebagai berikut :

1. Gangguan eksternal selama burung mengerami telurnya. Seperti suara atau keributan yang intens, gangguan dari hewan lainnya kucing, tikus, serangga, atau burung lainnya yang sering menggangu disekitar Glodok.

2. Telurnya dingin disebabkan banyak telur yang tidak dapat dierami dengan sempurna oleh induknya. Betina sering keluar Glodok atau terlalu lama di luar Glodok dalam mencari makan.

3. Kerusakan cangkang telur karena terkena kuku jari burung yang tajam, getaran dalam kandang atau kekurangan kalsium dan protein pada waktu pembentukan telur.

4. Terjangkit infeksi seperti bakteri salmonella. Salmonella merupakan bakteri yang dapat menembus cangkang telur dan menginfeksi embrio dalam telur.

5. Kurang sempurnanya waktu pembuahan atau pada waktu pembuahan sang induk sedang terjangkit penyakit.

6. Kelembaban terlalu rendah

7. Kematian embrio dalam telur akibat keracunan. Hal ini dapat terjadi disebabkan di atmosfer mengandung karbon dioksida (CO2) yang tinggi atau uap hidrokarbon terklorinasi.

8. Telur busuk

Disebabkan karena terdapat virus yang sangat banyak di dalam sarang. Terutama di bawah kondisi suhu yang tinggi akibatnya telur tidak menetas dan harus segera dibuang.

9. Kegagalan sang calon anak dalam melepaskan diri dari cangkang telur yang disebabkan oleh beberapa hal yaitu :


  • Suhu terlalu rendah dalam sarang yang mengakibatkan metabolisme anak burung Lovebird melambat 
  • Cangkang telur terlalu keras/tebal. Dalam hal ini, sang induk tidak dapat membantu kecuali telur burung Lovebird sudah pecah oleh anak burung Lovebird. Juga, waktu dan upaya anak burung Lovebird melepaskan diri dari telur sering menjadi faktor kematian akibat kelelahan.
  • Telur yang bentuknya tidak oval. Telur biasanya lebih bulat jika normal dan jika tidak normal akan menyebabkan janin mati lemas karena ruang udara bermasalah yang dikandungnya.
  • Posisi anak burung Lovebird dalam telur juga merupakan faktor predisposisi yang mungkin terkait dengan kegagalan penetasan. Sebagai contoh jika kepala janin terperangkap di sayap kirinya, ia tidak dapat bergerak kearah berlawanan dari telur karena memberikan tekanan pada yang terakhir menyebabkan kematian. Hal serupa terjadi ketika kaki anak burung Lovebird berada diatas kepalanya.

Penyebab-penyebab diatas bisa kita atasi setelah kita mengetahui penyebab utamanya apa agar telur telur burung Lovebird kita dapat menetas sempurna. Dalam hal ini kita wajib mempelajari sedini mungkin dari peternakan kita sendiri.

Demikian yang bisa saya sampaikan tentang Penyebab Telur Burung Lovebird Tidak Menetas. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini.

Posting Komentar untuk "Penyebab Telur Burung Lovebird Tidak Menetas, Kita Wajib Mengetahuinya"