Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENGATASI BURUNG CENDET BAGONG ATAU MBAYEK ATAU NGEYEK

CARA MENGATASI BURUNG CENDET BAGONG ATAU MBAYEK ATAU NGEYEK -- Burung cendet itu burung yang cerdas sebenarnya karena berbagai suara yang didengarnya bisa ditirukannya. Makanya dipasaran burung ini sangat laris apalagi kalau masih anakan banyak yang mencarinya. Kalau masih anakan enak untuk memberikan suara yang kita inginkan.



Dalam merawat burung cendet tidak segampang kita membalikkan telapak tangan. Banyak para kicau mania dibuat frustasi dalam merawatnya. Banyak kendala yang dialami salah satunya yaitu burung cendet mbayek atau Bagong atau ngeyek.

Burung cendet mbayek, ngeyek itu disebabkan salah rawatan atau juga salah pakan. Kalau rawatan yang tidak konsisten itu menyebabkan burung cendet cenderung akan ngeyek jika ketemu orang. Jika sudah begitu perlu perawatan khusus.

Bagaimana sih merawat dan pakannya apa?

Burung cendet yang ngeyek atau mbagong itu kadang kurang protein. Burung cendet itu sangat membutuhkan protein tinggi untuk pertumbuhan tubuhnya.

Cara merawat burung cendet tidak asal asalan atau sesuka hati kita. Burung cendet itu butuh rawatan yang konsisten. Cara agar burung cendet tidak ngeyek lagi seperti berikut :

1. Waktu subuh burung diembunkan
2. Jika matahari sudah muncul dimandikan dengan cara mandi sendiri atau disemprot.
3. Panaskan burung cendet sampai siang karena burung cendet suka dengan panas.
4. Berikan jangkrik 1-3 saja pagi dan sore
5. Kerodong sampai pagi

Itu adalah cara keseharian nya sedangkan makanannya yang biasanya pakai Voer biasa coba diganti voernya.

Voer yang digunakan apa ?

Pertanyaan tersebut sering ditanyakan diforum forum Bakan digroup group cendet mania. Untuk voernya cari Voer yang mengandung protein tinggi. Sedangkan Voer yang mempunyai protein tinggi adalah Voer yang digunakan untuk pakan lele. Ingat Voer yang untuk pakan lele. Karena Voer tersebut memiliki protein yang sangat tinggi.

Voer lele yang mana yang diberikan?

Voer lele yang diberikan jangan yang besar ya sobat kalau yang besar diberikan susah burungnya untuk memakannya. Dan jangan pula yang kecil Voer lelenya tidak akan kenyang kadang banyak yang tercecer. Voer lele yang baik digunakan yang ukuran sedang saja atau dalam membeli bilang saja Voer lele min 2.

Inti dari artikel diatas sebenernya adalah pakan voernya. Burung cendet jika sudah diberi Voer lele tidak diberi jangkrik pun tidak ngeyek tapi alangkah baiknya diberi walau cuma 1 ekor jangkrik untuk pagi dan sore.

Oke, kawan selamat mencoba cara dari blog ini semoga bermanfaat dan burung cendet anda tidak ngeyek atau mbagong lagi. Jika suka dengan artikel ini silahkan dibagikan atau dishare.

1 komentar untuk "CARA MENGATASI BURUNG CENDET BAGONG ATAU MBAYEK ATAU NGEYEK"