Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mebersihkan Botol Susu Bayi Berkerak Agar Terhindar Bakteri

Sering kali seorang ibu mengabaikan kebersihan botol susu bayi yang dimiliki pada pemakaian setiap hari. Jika botol susu bayi lama tidak dibersihkan lama-kelamaan akan berkerak. Karena ASI atau air susu formula jika dibiarkan akan meninggalkan kerak pada bagian pinggir dan bawah botol. Dan kerak yang terlalu lama tidak dibersihkan akan menumpuk dan akan sulit untuk di bersihkan.



Tidak hanya meninggalkan kerak saja namun bila botol susu tidak rutin di bersihkan akan banyak berkembang berbagai bakteri yang dapat mengakibatkan si anak sering sakit. Untuk itu marilah kita menjaga kebersihan botol susu yang di pakai anak-anak kita.

Botol susu sangat penting dimiliki ibu saat punya bayi. Hal ini sudah menjadi kebiasaan ibu-ibu jaman sekarang dalam memberi minum bayinya diganti dengan botol susu. Karena ibu sekarang banyak yang meninggalkan anaknya untuk bekerja jika begitu untuk memenuhi ASI sering kali si ibu menaruh ASI dalam botol.

Banyak ibu sering melupakan bersih tidaknya botol susu yang digunakannya. Namun jika sudah berkerak baru di cuci. Botol susu yang tidak bersih membuat susu menjadi tidak higienis. Karena jika botol susu tidak dalam keadaan bersih itu menjadikan sarang bakteri seringnya botol cuma dicuci dengan air bersih saja bukan disikat dalamnya itu akan menjadikan botol lembab. Lembab itulah yang dapat berkembangnya suatu bakteri.

Botol susu yang tidak bersih atau dalam keadaan berkerak akan membuat susu terkontaminasi dengan bakteri yang akan menyebabkan susu kurang sehat dan berkurang nutrisinya. Susu yang sudah bercampur dengan bakteri akan menimbulkan si bayi diare.

Kerak susu pada botol bagian bawah sering kali sulit untuk dibersihkan jika tidak langsung dibersihkan setelah dipakai. Hal tersebut akan membuat botol susu berubah warna menjadi buram dan tidak akan bisa dipakai lagi karena sudah terkontaminasi dengan kuman bakteri. Untuk itu Bagi para ibu rawatlah botol susu anak kita agar selalu terbebas dari bakteri. Harga botol susu sendiri harganya cukup mahal jika sering ganti karena sudah kusam para ibu tidak bisa berhemat lagi iya tidak ibu-ibu?

Ada banyak tips yang sudah diberikan diberbagai sosmed namun hal tersebut belum banyak yang berhasil. Tips kali ini yang saya berikan belum dimuat di media mana saja. Hal ini karena pengalaman saya sendiri waktu punya anak kecil waktu dulu.

Tips Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Yang Berkerak Jadi Bersih Seperti Semula adalah sebagai berikut :

1. Rendam terlebih dahulu botol susu pada air bersih kira-kira 10 menit.

2. Kemudian siapkan sikat atau busa yang bisa masuk kedalam botol susu.

3. Sikat diberi pasta gigi atau odol untuk membersihkan botol pada bagian dalam.

4. Sikat semua kerak yang ada didalam botol baik didinding maupun di bagian bawah botol hingga bersih.

5. Bilas dengan air bersih. Jika belum bersih diulang lagi.

6. Setelah itu didihkan air.

7. Setelah mendidih, botol susu tadi direndam air panas

8. Selesai

Mengapa menggunakan pasta gigi untuk membersihkan kerak dinding botol susu?

Karena pasta gigi itu mengandung floride yang dapat memutihkan gigi. Jika gigi saja bisa putih kenapa cuma kerak sisa susu begitu tidak bisa?

Silahkan tips dari saya di coba. Semoga bisa membantu ibu-ibu yang bingung dalam membersihkan kerak pada dinding botol susu miliknya.

Ayo para ibu menjaga kesehatan keluarga kita diawali dengan menjaga kebersihan alat-alat yang kita pakai. Kesehatan dalam keluarga sangatlah penting jika semua sehat kita bisa bermain bersama-sama. Jika tau akan pentingnya kesehatan untuk anak maka setelah botol susu dipakai segera dibersihkan ya ibu.

Sekian dan terima kasih

Posting Komentar untuk "Cara Mebersihkan Botol Susu Bayi Berkerak Agar Terhindar Bakteri"