Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Manfaat Garam dan Cara Pemberian Yang Benar Pada Burung Lovebird

Burung Lovebird merupakan burung cinta dan burung yang berasal dari benua Afrika. Burung Lovebird yang habitat aslinya beriklim panas namun burung ini dapat beradaptasi di berbagai iklim. Contohnya saja burung ini bisa hidup di Indonesia yang beriklim tropis.

Pemeliharaan yang baik pada burung Lovebird ditentukan dari pemilik burung Lovebird tersebut. Jika dipelihara dengan baik kesehatan dan kebugaran burung akan terjaga dengan baik. Dalam pemeliharaan yang baik itu ditentukan dari faktor faktor yang mempengaruhinya contohnya kandang, pakan yang diberikan setiap harinya dan faktor bagaimana si pemilik dalam merawatnya.



Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan burung Lovebird antara lain :

1. Kandang atau sangkar Lovebird

Dalam pemeliharaan burung Lovebird kandang merupakan aspek yang sangat penting. Karena burung yang memiliki sifat tidak bisa diam alias selalu gerak kesana kemari maka memerlukan kandang yang agak besar. Kandang burung Lovebird itu ada 2 jenis yang biasa dipakai orang dalam memelihara burung ini yakni kandang bulat atau silinder dan kandang persegi. Kandang bulat atau silinder harus memiliki diameter sekurang-kurangnya 30 cm. Sedangkan kandang persegi harus memiliki ukuran lebar 30-40 cm, panjang 50-60 cm dan tinggi 30-40 cm. Kandang bisa juga disesuaikan dengan tempatnya tergantung kita yang buat.

Sebaiknya kandang untuk Lovebird terbuat dari besi atau kawat. Karena burung Lovebird memiliki kebiasaan menggigit benda-benda yang ada disekitarnya. Maka dari itu kandang harus terbuat dari besi jika terbuat dari kayu makan akan habis digigitnya.

Sangkar yang dipakai untuk burung Lovebird juga harus ada tangkringannya karena kebiasaan burung Lovebird yang suka bertengger. Tangkringan yang bagus bisa dari ranting pohon yang terpenting dari tangkringan tidak melukai kaki burung Lovebird. Ranting yang sangat bagus diberikan adalah ranting pohon asem karena pohon ini memiliki pola kulit yang kasar ini disukai oleh burung.

2. Pakan Untuk Lovebird

Burung Lovebird termasuk burung pemakan biji-bijian. Kita bisa mendapatkan biji-bijian dengan membeli dikios-kios yang menjual pakan burung. Banyak jenis biji yang bisa diberikan pada burung Lovebird antara lain biji milet, kanary seed, biji matahari, biji Gandum, padi, kacang-kacangan dll.

Burung Lovebird juga suka makan sayur dan buah. Sayur yang sering diberikan adalah sayur kangkung, sawi, jagung muda, bayam dan sayur sayur lainnya. Sedangkan buah yang bisa diberikan antara lain apel, pir, pepaya, pisang dll. Ingat jangan pernah burung Lovebird diberikan buah alpukat.

Burung Lovebird juga memerlukan kalsium untuk pertumbuhan tulangnya. Kalsium bisa didapatkan dari tulang sotong atau bisa juga batu bata ( Baca Juga : Tulang sotong bisa digantikan benda ini ). Tulang sotong atau batu bata harus disediakan dalam kandang makan tidak dimakan yang penting dalam kandang ada benda ini.

Burung Lovebird juga memerlukan vitamin sebagai daya tahan tubuh. Vitamin bisa kita berikan setiap hari dan bisa kita dapatkan dengan membeli multivitamin di kios burung. Banyak jenis multivitamin yang dijual dipasaran kita tinggal pilih mana yang cocok bagi burung Lovebird peliharaan kita.

Selain pakan diatas yang bisa diberikan kepada burung lovebird. Ternyata ada juga manfaat garam untuk burung Lovebird. Garam tak hanya untuk bumbu dapur saja. Garam banyak berkontribusi untuk keberhasilan pemeliharaan burung Lovebird.

Manfaat garam untuk Lovebird yakni sebagai berikut:

1. Menstabilkan birahi burung Lovebird
2. Mengatasi burung Lovebird yang ciamik bulu
3. Memenuhi kalsium pada burung Lovebird
4. Menambah stamina burung Lovebird yang loyo
5. Sebagai daya tahan tubuh burung Lovebird disaat cuaca ekstrem
6. Membuat burung Lovebird rajin ngekek.

Sedangkan cara pemberiannya sebagai berikut :

Pakan biji-bijian tadi bisa direndam dengan sedikit garam selama 5-10 menit. Kemudian tiriskan dan di jemur hingga kering. Bisa juga kangkung yang akan diberikan kepada burung Lovebird direndam dahulu dalam air garam. Kangkung yang direndam dalam air garam terlebih dahulu selain pemenuhan garam untuk burung Lovebird bisa juga agar binatang-binatang atau virus yang menempel pada kangkung mati.

Dalam memberikan garam usahakan seminggu 2X saja. Karena jika burung Lovebird kebanyakan garam juga tidak baik bagi kesehatan burung Lovebird.

Burung Lovebird juga memerlukan perawatan khusus diantaranya mandi, jemur dan pengembunan. Jika burung Lovebird kita pelihara dengan baik maka burung Lovebird akan memberikan yang terbaik pula kepada kita.

Mandi, burung Lovebird memang suka mandi. Dalam memandikan burung Lovebird ada beberapa cara antara lain biarkan burung Lovebird mandi sendiri atau bisa juga dengan cara disemprot. Untuk penjemuran yang baik antara pukul 7 sampai pukul 10 pagi karena diwaktu waktu tersebut sinar matahari mengandung vitamin D. Sedangkan pengembunan sendiri bisa dilakukan antara jam 4 sampai jam 7 pagi.

Jika kita sudah merawat burung Lovebird dengan baik dan konsisten terkadang lovebird akan memberikan imbal balik kepada kita dengan mengeluarkan suaranya.

Demikianlah yang bisa saya ulas tentang 6 Manfaat Garam dan Cara Pemberian Yang Benar Pada Burung Lovebird. Semoga bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih sudah mau berkunjung ke blog ini.

Posting Komentar untuk "6 Manfaat Garam dan Cara Pemberian Yang Benar Pada Burung Lovebird"