Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Tempe Busuk, Jangan Di Buang Dulu Sebelum Baca Manfaatnya

Tempe sudah menjadi lauk yang wajib ada di meja makan selain tahu sebab tempe mengandung banyak protein tinggi. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang diberi ragi ini sangat di minati banyak orang.



Olahan dari tempe beraneka ragam bahkan ada salah satu masakan dari salah satu kota yang ada di Jawa Tengah pakai bahan tempe. Tempe yang digunakan bahan, bukan dari tempe segar namun tempe yang sudah busuk.

Baca juga : Masakan Khas Kota Sragen Yang Terbuat Dari Tempe Busuk

Banyak orang mengira jika sudah busuk tidak akan enak di makan. Namun beda dengan tempe yang sudah busuk ternyata banyak manfaatnya. Disini saya akan mengulas 5 manfaat tempe busuk, jangan buang dulu sebelum baca manfaatnya berikut ini :

5 Manfaat Tempe Busuk, Jangan Buang Dulu Sebelum Baca Manfaatnya

1. Sumber Antioksidan

Tubuh manusia sangatlah memerlukan antioksidan sebagai daya tahan tubuh agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Antioksidan tersebut bisa kita dapatkan dari tempe busuk sebab tempe busuk mengandung ekstra metanol yang dapat menjadi antioksidan yang tinggi dibandingkan dari tempe yang masih segar.

2. Menambah Nafsu Makan

Dari jaman Simbah dulu cara ini sudah digunakan untuk anak kecil tetapi di jaman sekarang banyak orang yang tidak tahu dengan hal ini. Jika anak anda kurang nafsu makan bisa anda berikan tempe busuk kepada anak anda. Caranya tempe yang sudah busuk anda bakar kemudian berikan untuk lauk makan anak anda.

3. Penyedap Masakan

Di Jawa tempe busuk bahan pokok disetiap masakan contoh masakan yang menggunakan tempe busuk antara lain sayur bening, sayur asam, dan masih banyak lagi lainnya. Walau bau yang dihasilkan dari tempe busuk ini tidak enak untuk dicium akan tetapi jika sudah dicampur pada masakan bisa menambah rasa yang mantab dan enak.

4. Anti Kanker

Makanan yang sebenarnya sudah tidak berguna ini ternyata berguna juga sebagai anti kanker. Tempe busuk ternyata bisa di jadikan sebagai kecap manis. Kecap manis yang berasal dari tempe busuk dapat menghasilkan isoflavon yang berguna sebagai obat anti kanker.

5. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Ternyata metabolisme tubuh pada manusia bisa ditingkatkan dengan memakan tempe yang sudah busuk. Di dalam tempe busuk mengandung vitamin B12 dan riboflavin yang berkhasiat untuk meningkatkan metabolisme serta menghasilkan energi bagi tubuh.

Jangan buang dulu tempe yang sudah berhari-hari dirumah sebab banyak manfaat yang dihasilkannya. Namun juga harus dilihat busuknya itu seperti apa jika sudah banyak belatungnya ya jangan di pakai lebih baik di buang saja.

Demikian 5 Manfaat Tempe Busuk, Jangan Buang Dulu Sebelum Baca Manfaatnya. Setelah baca artikel di atas semoga dapat membantu Anda dalam memanfaatkan bahan makanan ini. Terima kasih juga telah berkunjung ke blog ini dan semoga blog ini selalu memberikan manfaat bagi pembacanya.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Tempe Busuk, Jangan Di Buang Dulu Sebelum Baca Manfaatnya"