Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membedakan Burung Trucukan Jantan dan Betina Ombyokan

Cara Membedakan Burung Trucukan Jantan dan Betina Ombyokan



Halo, sobat kicau mania burung trucukan / trotokan. Disini saya Purwo ingin menyampaikan bagaimana cara membedakan burung trucukan / trotokan jantan dan betina. Oke, langsung saja simak dan baca sampai akhir ya sobat!!!

Burung trucukan / trotokan merupakan burung andemik asli Indonesia. Banyak masyarakat yang memelihara burung ini karena kicau burung trucukan / trotokan ini yang merdu dan memiliki suara khas ropel.

Burung trucukan / trotokan ini disebagian kota juga ada dalam daftara perlombaan. Bukan hanya dilombakan saja, burung ini dipelihara juga untuk klangenan saja karena kalau sudah bagus burung ini mampu berkicau seharian.

Burung trucukan / trotokan jantan dan betina bisa ngropel, akan tetapi jantan lebih mendominasi dalam ropelannya daripada betina.

Nah, untuk itu blog ini akan menyampaikan beberapa ciri burung trucukan / trotokan jantan dan betina yang harus diketahui :

Untuk Jantan :
1. Burung trucukan jantan biasanya sering njambul walau dalam keadaan apapun.
2. Ada 2 helai bulu halus dibelakang kepala burung trucukan / trotokan
3. Mempunyai mata bulat tajam dan lingkaran hitam pekat disekitar mata
4. Waktu tidak njambul bentuk kepala terlihat datar / ceper

Untuk Betina :
1. Burung trucukan betina jarang sekali terlihat njambul dan jika njambul hanya didepan saja itupun cuma sebentar jambulnya
2. Dibelakang kepala tidak ada 2 helai bulu halusnya
3. Pada lingkaran matanya warna bulunya pudar / tidak hitam pekat ( abu-abu )
4. kepala berbentuk bulat

Itulah ciri yang membedakan jantan dan betina burung trucukan / trotokan yang bisa saya sampaikan dan semoga berguna bagi yang ingin mengetahui ciri dari burung trucukan. Jika suka dengan artikel ini silahkan dishare saja agar berguna bagi yang ingin memelihara burung trucukan / trotokan dalam memilih di ombyokan.

salam dari tukang ngresik'i telek manuk

Posting Komentar untuk "Cara Membedakan Burung Trucukan Jantan dan Betina Ombyokan"