Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Love Bird Snot

Cara Merawat Love Bird Snot -- Hallo sobat kicau mania semua, salam sejahtera bagi kita semuanya. Bagaimana kabar sobat kicau mania semua? saya harap semua baik-baik saja dan bagi para peternak burung love bird semoga sukses selalu dengan ternaknya. Oke, langsung saja kita ke masalah topik seperti pada judul yaitu bagaimana cara merawat love bird yang SNOT.

sumber : Facebok.com

Snot pada burung love bird itu biasanya disebabkan oleh bakteri. Bakteri-bakteri itu ditimbulkan dari kurangnya kebersihan kandang atau kebersihan burung tersebut. Snot itu biasanya terjadi pada anakan love bird yang berumur 5 - 60 hari dan kebanyakan yang mengalami snot itu anakan yang diloloh oleh manusia (diloloh tangan). Namun anakan love bird yang diasuh / diloloh induknya jarang sekali terkena snot. Kenapa mimin tau itu, karena mimin di rumah juga ternak love bird banyak sekitar 20 pasang. Dulu waktu pertama ternak love bird pada tahun 2012 anakannya juga saya ambil waktu baru umur 1 minggunan kemudian mimin loloh sendiri pakai tangan dan banyak terjadi yang terkena snot. Kemudian mimin teliti penyebabnya apa? 2 sampai 3 tahunan baru ketemu penyebabnya yaitu lembab pada dasar yang dipakai alas anankan tersebut. Karena alas yang lembab itu menimbulkan berbagai bakteri salah satunya yakni SNOT. Untuk saat ini ternak mimin diserahkan induknya untuk loloh sampai keluar glodog sendiri.

Itulah sekelumit pengalaman mimin dalam ternak love bird sampai sekarang masih mimin pertahankan dalam beternak burung love bird.

Oke dech tidak usah panjang lebar lagi kita langsung saja bagaimana cara menangani burung love bird yang terkena SNOT. Burung love bird yang terkena snot tidak usah diberi obat karena obat itu malah membuat love bird tambah parah penyakit snotnya.

1. Pagi hari setelah diloloh anakan love bird dibersihkan dengan air hangat.
2. kemudian jemur sebentar agar tubuhnya terasa hangat.
3. Setelah dijemur masukkan lagi ke wadahnya semula tapi alasnya kalau bisa sesering mungkin diganti agar tidak lembab
4. diulang sampai sembuh.

Semoga tulisan diatas bisa membantu pada penghobi dan peternak burung love bird yang mengalami burungnya kena penyakit snot, terima kasih.

salam dari mimin yang cuma tukang ngresik'i telek manuk Love bird.

Artikel Terkait :

lovebird snot
lovebird snot adalah
lovebird snot dan nyilet
lovebird snot diembunkan
lovebird snot pakai insto
lovebird snot parah
lovebird snot tak kunjung sembuh

1 komentar untuk "Cara Merawat Love Bird Snot"