Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengobati Burung Love Bird Nyilet

Cara Mengobati Burung Love Bird Nyilet, Purwomp.Com -- Pada tahun ini banyak pecinta burung lovebird yang beternak burung ini. Dikarenakan harga burung ini sedang tinggi-tingginya. Maka banyak orang mulai mencari materi untuk diternak. Namun dalam memilih materi burung lovebird harus hati-hati.


Burung lovebird yang kita lihat sehat dan makan dokoh kadang burung tersebut sedang sakit. Maka dari itu jika akan membeli dipegang dahulu apakah burung lovebird tersebut gemuk atau kurus. Jika burung lovebird memiliki badan yang kurus jangan dibeli namun jika masih gemuk bolehlah kita beli.

Badan yang kurus pada burung lovebird biasanya mengalami sakit dengan istilah nyilet. Arti kata nyilet sebenarnya karena bagian dada pada burung lovebird itu lancip seperti silet. Jika badan burung sudah mengalami begitu harus hati-hati lama kelamaan kalau tidak segera diobati burung tersebut akan mengalami yang namanya kematian. Maka dari itu kami akan membahas bagaimana Cara Mengobati Burung Love Bird Nyilet.

Banyak kasus yang dialami para peternak dengan penyakit ini. Banyak pula dari peternak yang frustasi jika burung lovebirdnya mengalami penyakit nyilet ini karena para peternak lovebird minimnya informasi akan cara mengobati lovebird nyilet.

Cara Mengobati Burung Love Bird Nyilet


Penyebab burung nyilet itu banyak menurut pengalaman saya beternak adalah

(1)  kurangnya kebersihan kandang burung love bird tersebut. Maka dari itu kita harus menjaga kebersihan kandang ternak kita agar terjaga kesehatan peliharaan kita. Karena burung love bird itu suka gigit-gigit apa saja yang ada dalam kandang. Coba perhatikan burung love bird peliharaan anda kalau tidak percaya.

(2) Kandang yang terbuat dari besi / kawat yang sudah berkarat itu juga menyebabkan burung love bird nyilet. Karena karat itu tidak baik pada pencernaan burung peliharaan kita.

(3) Kotoran (Feses) yang kering juga menjadi penyebab love bird nyilet.  Karena seringnya burung love bird itu suka bermain dengan kotorannya sendiri yang sudah kering tersebut. Sumber dari penyakit nyilet yaitu dari kotoran burung lovebird tersebut karena didalam kotoran banyak mengandung virus dan cacing yang menyebabkan burung lovebird nyilet.

Itulah penyebab burung love bird nyilet menurut pengalaman saya dalam beternak karena dulu burung peliharaan saya banyak yang nyilet dan banyak yang mati maka dari itu saya mulai perhatikan apa sebabnya burung tersebut nyilet. Setelah beberapa bulan saya perhatikan ternyata penyebabnya seperti yang saya utarakan diatas. Terus bagaimana cara mengobatinya?? Coba perhatikan ulasan saya  dibawah ini dan cara mengobatinya:

1. Perhatikan burung love bird dikandang jika ada yang nyilet maka pisahkan dulu dari burung yang lain / taruh dalam kandang tersendiri.

Jika sudah dipisahkan dari yang lainnya maka beri perhatian khusus pada burung love bird yang sakit tersebut.

2. Pagi hari pada pukul 06.00 kandang di bersihkan kemudian pakan dan minum dikeluarkan semua hingga siang pukul 12.00

3. Burung love bird di pegang kemudian di beri obat cacing merk Combantrin yang cair sekitar 6 tetes.

4. Setelah itu baru masukkan pakan dan minum ke dalam kandang, sedangkan minumnya dicampur obat cacing 3 tetes saja.

5. Diulang selama 3 hari

Ini adalah cara saya dalam menangani burung love bird nyilet jika kurang paham maka tinggalkan komentar dibawah sebisanya saya jawab dan semoga dengan artikel ini bisa membantu para peternak love bird dalam menangani sendiri masalah burungnya yang sakit/nyilet. Penyakit nyilet itu bisa menular maka dari itu segera pisahkan dengan burung lovebird yang lain.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini yang cuma blog sederhana ini.

Artikel Terkait :

lovebird nyilet
lovebird nyilet adalah
lovebird nyilet apakah menular
lovebird nyilet itu apa
lovebird nyilet kurus
lovebird nyilet maksudnya
lovebird nyilet obat
lovebird nyilet obatnya apa
lovebird nyilet om kicau
lovebird nyilet parah

Posting Komentar untuk "Cara Mengobati Burung Love Bird Nyilet"