Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Perbaiki Printer Canon 1980 Yang Hasil Cetak Putus Atau Bergaris


Canon 1980 - Hasil cetak printer Canon 1980 yang bergaris dan putus - putus itu membuat kita menjadi kesal dan tidak tahu bagaimana cara perbaikinya. Baru kerjakan tugas atau kerjaan yang penting tiba - tiba hasil cetakan printer kita jadi putus - putus atau bergaris membuat kita jadi bingung mau ngapain lagi. Mau cetak di rental per lembarnya mahal jika banyak sudah berapa puluh ribu untuk cetak tugas kita. Jangan khawatir blog ini menyediakan tutorial bagaimana cara perbaiki hasil cetakan yang putus - putus dan bergaris. Silahkan simak dan baca cara perbaiki tersebut sampai tuntas.

Sebelum kita membahas Cara perbaiki hasil cetakan yang putus - putus atau bergaris alangkah baiknya kita deteksi lebih dahulu beberapa faktor yang mempengaruhinya :


  1. Faktor pertama adalah encouder yang kotor. Encouder adalah salah satu elemen penting yang ada pada printeryang fungsinya sebagai sensor printer. Encouder terletak di belakang Cartridge yang berbahan plastik mika persegi panjang berwarna putih yang membentang dari kiri sampai kanan Printer. Coba perhatikan apakah encouder kotor terkena cipratan tinta atau tidak karena jika kotor itu memicu hasil print bergaris.
  2. Faktor kedua dipengaruhi oleh tinta Printer yang menggumpal atau kering.
  3. Faktor ketiga adalah Head Cartridge yang sudah rusak sehingga tidak optimal dalam hasil mencetk
  4. Faktor keempat jika menggunakan infus, hasil cetak putus atau bergaris biasanya ada penyumbatan pada selang sehingga tinta tidak lancar mengalir.


Cara Perbaiki Printer Canon 1980 Yang Hasil Cetak Putus Atau Bergaris adalah sebagai berikut :


  1. Bila Encouder kotor, coba bersihkan encouder dengan tisu secara perlahan - lahan saja hingga bersih jika masih belum bisa. Coba bersihkan dengan alkohol dengan cara basahi tisu dengan alkohol kemudian bersihkan Encouder secara perlahan - lahan.
  2. Jika tinta menggumpal pada Cartridge, lepas Cartridge kemudian rendam dengan air hangat sebentar saja kemudian bersihkan dengan tisu.
  3. Jika Cartidge rusak bisa memicu hasil cetakan putus atau bergaris disarankan untuk mengganti Cartridge yang baru atau bisa merubah settingannya menjadi High.
  4. Jika selang infus tersumbat bisa dilakukan Cleaning dengan menggunakan Dumper yang berguna untuk melancarkan aliran tinta pada selang infus.


Berdasarkan tutorial diatas, kita tentu bisa mengetahui cara untuk mengatasi hasil cetak yang putus-putus atau bergaris. Sekarang kita tidak merasa khawatir jika itu kita alami pada waktu lagi butuh butuhnya untuk mencetak dan kita bisa memperbaiki dengan sendiri di rumah.

Kita cukup menganalisa kerusakan yang terjadi pada printer Canon 1980 yang kemudian kita bisa memperbaiki printer kita dengan sendiri sesuai dengan poin-poin diatas. Semoga Tutorial ini bisa membantu kalian semua dalam mengatasi hasil cetakan yang putus dan bergaris.

Posting Komentar untuk "Cara Perbaiki Printer Canon 1980 Yang Hasil Cetak Putus Atau Bergaris"